SUMBA RATENGGARO DAN SEJUTA KEINDAHANNYA

Pantai Ratenggaro 
Berbicara akan SUMBA pasti yang terlintas adalah keindahan pantainya. Begitu banyak pantai di sumba yang menyuguhkan keindahan luar biasa. Pantai yang bertemakan rumah adat ini menjadi keindahan tersendiri bagi saya sebagai pecinta pantai.


suasana senja pantai

Salah satu destinasi pantai yang paling menarik para turis lokal dan luar adalah ratenggaro. Karena tidak hanya pantai pasir putih dan biru bening ada pemandangan rumah adat ratenggaro dibelakangnya. 
Pantai ratenggaro berada di wilayah kodi, sumba barat daya. Untuk bisa sampai ke pantai ratenggaro kita harus menggunakan kendaraan pribadi karena disumba ini tempat wisata belum mampu dijamah oleh angkutan umum yang ada. 

Saat berlibur dan mengunjungi pantai disumba, kita akan merasakan private beach karena pantai disini yang masih belum dikelola dengan baik membuat pantai masih bersih dan alami. 
Disini juga tersedia naik kuda dari masyarakat sumba yang tinggal didaerah pantai. Disini juga terdapat beberapa makam orang sumba yang berbentuk kotak besar yang bisa dijadikan spot foto menarik ala feed instagram yang kekinian. 

rumah adat dan kuburannya 
Jadi sekali mendatangi ratenggaro banyak hal yang didapatkan, tampilan pantai dan rumah adat ratenggaro, batu karang dan kuburan besar, serta pantai yang mengitari lokasi. 
pantai ratenggaro


berfoto dengan kain sumba bisa jadi pilihan baik juga 

Hanya saja ada beberapa catatan mengenai wisata ke pantai di sumba khususnya ratenggaro ini. berikut tips liburan di sumba menuju pantai ratenggaro :
1. pastikan tidak melakukan private tour, seperti membawa mobil sendiri tanpa ada masyarakat kodi/ sumba barat daya didalamnya. dikarenakan masyarakat disana terkadang membahayakan turis. jadi sangat diperlukan tourguide
2. penyewaan mobil bisa dilakukan dengan sewa supir biasanya include keseluruhan yaitu 700-900k sehari 
3. tempat wisata yang bisa dijangkau dalam satu hari bisa sampai 4 lokasi wisata kebutulan waktu itu saya mengunjungi danau weekuri, pantai bawana, ratenggaro dan pantai mandorak 
4. jaga barang bawaan anda. 
5. bersikap sopan dan tidak menentang adat mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Free Cashflow perusahaan starbucks

PRODUCE X 101 - TRAINEE yang wajib debut

7 Youtube Series yang wajib Kamu tonton